Memahami SWOT Analysis & Manfaatnya

Seorang karyawan apapun levelnya harus memahami apa itu SWOT Analysis. Mengapa? Karena semua karyawan apa pun levelnya harus memiliki kemampuan strategic dan konseptual, salah satunya adalah dengan memahami apa dan bagaimana SWOT Analysis itu.

SWOT adalah singkatan dari Strength, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Seperti namanya, Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu bisnis, baik yang tengah berjalan maupun yang masih dalam perencanaan baru. Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960-an dalam memimpin proyek riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

 

Pengertian SWOT

Akronim SWOT yang terdiri dari 4 huruf yang merupakan sebuah singkatan dari kalimat berbahasa Inggris yaitu:

Strengths yang berarti kekuatan
Weakness adalah kelemahan
Opportunities bermakna peluang/kesempatan
Threats yaitu ancaman

Berikut penjelasan keempat komponen tersebut :

Strength (Kekuatan)

Strength merupakan situasi atau kondisi internal yang merupakan kekuatan yang dimiliki oleh pebisnis yang bisa memberikan pengaruh positif pada saat ini atau pun di masa akan datang.

Weaknesses (Kelemahan)

Situasi ataupun kondisi internal yang menjadi kelemahan dari pebisnis pada saat ini, yang merupakan faktor-faktor kendala yang serius dalam kemajuan maupun prospek pebisnis.

Opportunity (Peluang)

Kondisi eksternal yang merupakan peluang untuk dapat berkembang bagi pebisnis dimasa depan. Peluang-peluang ini akan membuat pebisnis melakukan terobosan yang bisa membuat prospek bisnis berkembang di masa yang akan datang.

Threats (Ancaman)

Ancaman atau tantangan eksternal yang harus dihadapi oleh pebisnis yang tidak menguntungkan bahkan kemunduran bagi prospek bisnis. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi pebisnis, baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Jadi pengertian analisis SWOT adalah sebuah teknik strategi dalam mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dapat diterapkan dalam kegiatan bisnis dan hal-hal lainnya.

 

Manfaat Penerapan Analisis SWOT

Analisis SWOT ini dapat membantu pebisnis untuk mengindentifikasi sesuatu yang dilakukan dengan baik, sehingga dapat memilih hal yang tepat untuk menghadapi kompetisi.

Dalam penerapannya faktor-faktor yang dapat mempengaruhi komponen SWOT tersebut dapat di bagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu :

1.   Faktor internal : Strength (Kekuatan) dan Weaknesses (Kelemahan)

Dalam analisis SWOT, kekuatan dan kelemahan dianggap sebagai faktor internal yang sepenuhnya dapat dikendalikan oleh perusahaan/organisasi atau bisnis itu sendiri.

2.   Faktor eksternal : Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).

Peluang dan ancaman dalam analisis SWOT dianggap sebagai faktor eksternal yang mungkin atau tidak mungkin di kontrol oleh perusahaan/organisasi.

Analisis SWOT dapat diterapkan dan merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian hasil analisisnya dapat dituangkan dalam Diagram Analisis SWOT.

Analisa SWOT ini diaplikasikan dengan prinsip dasar :

  • Bagaimana kekuatan (strength) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada;
  • Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada;
  • Bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada;
  • Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Berikut gambar Diagram Analisis SWOT untuk suatu proyek bisnis dengan masing-masing kuadran menunjukkan hasil dari analisa SWOT.

Gambar Diagram Analisis SWOT

Hasil dari analisis ini biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan suatu pebisnis dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kelemahan yang dimiliki dan juga menghindari serta menekan dampak dari berbagai ancaman yang terjadi.

Jika digunakan dengan baik dan  benar, maka analisis ini akan dapat digunakan untuk membantu melihat sisi-sisi yang terabaikan atau tidak terlihat dari seorang pebisnis ataupun dari suatu perusahaan/organisasi, sehingga dalam pelaksanaan meraih visi dan misi program bisnis yang direncanakan tentunya akan dapat berjalan lebih baik dan dengan hasil yang lebih optimal.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana penerapan analisis SWOT dalam menganalisa kelayakan suatu usaha/bisnis yang dapat digunakan oleh para profesional dapat dipelajari disini.

1 thought on “Memahami SWOT Analysis & Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *