Jadilah Pribadi Yang Qona’ah

Jadilah Pribadi yang Qona’ah

Slogan Qona’ah Yes  Mengeluh No,  sangat bermanfaat apabila kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari terutama dalam dunia usaha. Menurut bahasa qona’ah adalah merasa cukup atau rela sedangkan menurut istilah adalah suatu sikap rela menerima  dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas dan rasa tidak senang. Qonaa’ah dapat disamakan dengan sifat bersyukur dimana kita memang dianjurkan untuk selalu bersyukur atas semua hal yang diberikan Allah SWT dalam hidup kita. Dari semua usaha yang kita lakukan kita harus yakin dan Rasulullah Muhammad SAW telah memberikan teladan kepada kita bagaimana kita bersikap terhadap harta yaitu menyikapi harta dengan qona’ah (kepuasan dan kerelaan). Adapun wujud qona’ah ini yaitu merasa cukup dengan pemberian Allah SWT, tidak tamak terhadap apa yang dimiliki manusia, tidak iri melihat apa yang ditangan orang lain dan tidak rakus mencari harta benda dengan menghalalkan segala cara. Walaupun begitu dengan mengamalkan sikap qona’ah bukan berarti kita harus pasrah diri , kita tetap harus berusaha dan berikhtiar dengan semua yang harus kita dapatkan setelah kita berjuang barulah kita menerima semua hal yang diberikan Allah SWT.

Dalil adanya sikap Qona’ah ini diatur dalam Surat Al. Baqarah ayat 155 yang menyatakan “ dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan , kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan dan berikanlah berita gembira  kepada orang-orang yang sabar. Hadist dari Abu Hurairah R.A menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “ bukannya kekayaan itu karena banyaknya harta dan benda tetapi kekayaan yang sebenarnya ialah kekayaan hati ( Muttafaqun  Alaih).

Beberapa contoh bersikap qona’ah dalam kehidupan antara lain :

  • Selalu giat bekerja dan berusaha mencapai hasil yang terbaik.
  • Jika hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diharapkan tidak mudah putus asa dan merasa kecewa
  • Selalu bersyukur atas apa yang menjadi hasil usahanya dan tidak merasa iri terhadap keberhasilan orang lain.
  • Bergaya hidup sederhana dan menyesuaikan dengan keadaan serta tidak bersikap rakus dan tamak.
  • Selalu yakin bahwa apa yang didapatnya dan yang ada pada dirinya merupakan anugerah dari Allah SWT.

Dengan menerapkan sikap yang qona’ah dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan manfaat dan hikmah bagi kita baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan bermasyarakat seperti yang tercantum dari beberapa referensi antara lain :

Dalam kehidupan pribadi, orang yang bersikap qona’ah akan mempunyai perilaku :

  1. Bersikap tenang dalam hidupnya.
  2. Tidak serakah atau tamak terhadap harta benda.
  3. Dijauhkan dari sifat suka menghasut atau iri dengki pada orang lain.
  4. Bersikap hemat dan tidak kikir.
  5. Dermawan dan suka melakukan kebajikan.
  6. Menjauhkan diri dari perbuatan meminta-minta.
  7. Dijauhkan dari penyakit stress atau depresi.

Dalam kehidupan bermasyarakat:

  1. Terciptanya ketentraman di masyarakat.
  2. Tidak ada rasa iri, dengki dan upaya hasut menghasut di kalangan masyarakat.
  3. Fakir miskin dapat terurus dengan baik karena banyak anggota masyarakat yang dermawan.
  4. Tidak terjadi kesenjangan sosial yang terlalu jauh di masyarakat.
  5. Terciptanya mental dan jiwa masyarakat yang sehat.

Masyarakat akan mejadi baik jika dimulai dengan kehidupan pribadi yang baik. Pribadi yang Qona’ah akan memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masyarakat disekitarnya.  Apabila kita menerapkan sikap qona’ah ini dalam dunia usaha niscaya kita akan berusaha dengan benar, dengan giat, tidak berlaku curang serta mendapat berkah dari Allah SWT (Aamiin YRA) maka marilah kita menjadi  pribadi yang Qona’ah baik dalam kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat.

#sdr